Jumat, 18 November 2011

Tumor Jinak Vagina

Bagi para wanita, penyakit kista memang harus diwaspadai. Pasalnya, kista dapat menyerang siapapun dan ada pula yang sulit terdeteksi. Oleh karena itulah tak ada salahnya jika Anda memahami secara pasti apa itu kista.

Jika Anda sering mengalami rasa nyeri berlebihan ketika haid atau merasa nyeri di bagian bawah perut, sering merasa ingin buang air besar atau kecil, atau keluar darah segar ketika bercinta, dan merasakan benjolan di bagian bawah perut ataupun di sekitar vagina, berhati-hatilah karena mungkin Anda mengidap penyakit kista di vagina.

Kista sebenarnya merupakan tumor jinak di organ reproduksi wanita yang paling sering ditemui. Meski demikian 20 - 30 % kista berpotensi menjadi ganas. Umumnya, kista tidak disertai rasa sakit atau gejala yang spesifik. Penderita baru akan merasakan keluhan jika kista sudah mencapai ukuran besar dan mengganggu organ lain di sekitarnya.Keluhan tersebut bisa berupa susah buang air kecil atau besar, gangguan pencernaan, kesemutan hingga bengkak pada kaki.

Kista terbagi dua : kista neo - nonplastik, bersifat jinak dan akan mengempis dengan sendirinya, dan kista neoplastik, kista berpotensi ganas yang umumnya harus dilakukan perawatan lanjutan.

Bagi penderita kista, ada beberapa pantangan makanan yang harus dihindari, antara lain: santan, alpukat, kuning telur, seafood, fastfood, gorengan, susu sapi, susu kedelai, tahu tempe, jeroan, makanan-makanan manis, termasuk buah-buahan seperti lengkeng, rambutan, dan mangga.

Sampai sekarang kista masih merupakan misteri dalam dunia kedokteran, dikarenakan penyebabnya yang belum diketahui secara pasti. Oleh karena itu, pencegahannya pun belum dapat diketahui secara spesifik. Cara mengatasi kista yang paling efektif saat ini adalah dengan operasi pengangkatan tumor, atau dengan proses pembedahan yang disebut Laparoskopi.

Karena kista dapat menyerang setiap wanita, yang harus diingat adalah, selama seorang wanita masih memproduksi sel telur, potensi munculnya kista tetap ada. Sebaiknya rutin periksa pada dokter ahli agar kista dapat terdeteksi secara dini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar